.: medicina-islamica-lg.blogspot.com :.

Assalamualaikum wr.wb. Welcome to my blog. In here there's some article about islam and about medicine. In my blog here, i use indonesian. May my articles can be usefull for a lot of people in the world. If you like my blog, please give follow and comment in my blog too. thanks. (^.^)

Kamis, 03 Mei 2012

Anatomi Fisiologi Hipothalamus dan Hipophysis

Anatomi Hipothalamus
Hypothalamus merupakan bagian dr Systema Nervosum Centrale yg paling kompleks krn kaya dg hubungan dg telencephalon, systema limbic dan batang otak. Hipothalamus berperan dalam pengontrolan fungsi visceral, autonom, endokrin dan tingkah laku efektif.




Embriologi Hipothalamus
Hipothalamus berkembang dr diencephalon embryonal yg merupakan salah satu bagian dr proencephalon (Bagian lainnya berkembang mjd telencephalon yg selanjutnya mjd cortex cerebri)
Mula2 tampak sbg salah satu ventricula dr ketiga vesicular di dinding lateral ventriculus tertius dan mjd terpisah dr epithalamus dan thalamus, dipisahkan oleh sulcus hipothalamicus
Sewaktu thalamus dan hypothalamus makin berkembang vesicular diencephalica terjepit mjd ventriculus tertius. Atap dr ruang ini ditutupi oleh selapis ependyma yg dilapisi oleh mesenchyme dg banyak kapiler. Kapiler ini bersama dg ependyma mengadakan invaginasi membentuk plexus choroideus ventriculus tertius.  

Anatomi Hipophysis
Hipophysis memiliki 2 lobus, yakni hipophysis lobus anterior (Adenohipophysis) dan Hipophysis lobus posterior (Neurohipophysis). Hipophysis terletak pada sebuah ruangan yg disebut sbg sella tursica.




Embriologi Hipophysis
ž  Adenohypophysis atau Hypophysis Lobus Anterior : Berasal evaginasi lapisan ectoderm dari stomodeum kemudian menjadi Saccushypophysis atau kantong Rathce (rathke pouche) yang lama-kelamaan akan lepas dan menempel pada infundibulum neurohypophysis. Kemudian kantong rathce tersebut berkembang Mengelilingi infundibulum yang dinamakan Pras Tubelaris, dan berkembang kearah inferior yang menjadi Adenohypophysis.
ž  Neurohypophysis atau Hypophysis Lobus Posterior : berasal dari evaginasi(penonjolan keluar) dari lantai dasar Di-Encephalon kemudian berkembang menjadi Gemmaneurohypophysis yang kemudian berkembang menjadi Neurohypophysis.



Tractus yang Menghubungkan Hipothalamus dengan Jipophysis
ž  Hipothalamus dan Hipophysis dihubungkan oleh adanya infundibulum.
ž  Yang menghubungkan antara Hypothalamus dengan Neurohypophysis adalah tractus Hypothamalohypophysialis yang terdiri dari 2 nuclei yaitu Nuclei Paraventricularis yang menghasilkan hormon Oksitosin dan Nuclei Supraopticus yang menghaislkan hormon ADH
ž  Dan yang menghubungkan Hypothalamus dan Adenohypophysis adalah tractus tuberoinfundibularis yang terdari dari 4 Nuclei yaitu Nuclei Preoptici Media, Nuclei Paraventricularis Media, Nuclei Perivntricularis, Nucleus Arcuatus.

Batas – Batas Sella Tursica
ž  Superior   : Diaphragma Sellae
ž  Inferior     : Corpus Sphenoidale & Sinus Sphenoidale
ž  Posterior  : Dorsum Sellae, A. Basilaris, Pons, Medulla Oblongata
ž  Lateral     : Sinus Cavernicus














Vaskularisasi Hipothalamus dan Hipophysis
ž  Arteria hypophysialis Superior yang merupakan cabang dari Arteria carotis Interna Pars Cerebralis yang memperdarahi Hypothalamus, Infundibulum, dan adenehypophysis
ž  Arteria Hypophysialis Inferior yang merupakan cabang dari Arteria carotis Pars Cavernosa Interna yang memperdarahi Neurohypophysis.

Innervasi Hipophysis
Plexus nervosus caroticus





Anatomi Fisiologi Hipothalamus dan Hipophysis

Sumber : Systema Nervosum Centrale, Bagian Anatomi, Fakultas Kedokteran UNDIP.


1 komentar:

  1. terimakasih bnyak :)
    cukup membantu saya untuk review seblum besok ketemu mata kuliah ini -_-

    BalasHapus