.: medicina-islamica-lg.blogspot.com :.

Assalamualaikum wr.wb. Welcome to my blog. In here there's some article about islam and about medicine. In my blog here, i use indonesian. May my articles can be usefull for a lot of people in the world. If you like my blog, please give follow and comment in my blog too. thanks. (^.^)

Kamis, 03 Mei 2012

Anatomi Fisiologi Glandula Thyroidea dan Glandula Parathyroidea

Anatomi Glandula Thyroidea
Glandula thyroidea atau biasa disebut sbg kelenjar tiroid merupakan salah satu organ system endokrin yang terletak di regio colli (leher).  

Morfologi Glandula Thyroidea
Glandula Thyroidea berbentuk seperti kupu - kupu, yakni terdiri atas lobus dextra disebelah kanan dan lobus sinistra di sebelah kiri. Kedua lobus ini dihubungkan oleh isthmus glandula thyroidea. Setiap lobus berbentuk conus, dg apex nya menghadap ke cranial sampai linea oblique cartilage thyroidea dan basisnya terletak di caudal setinggi annulus trachealis Cervical V - VI atau setinggi Vertebrae Thoracal I. Isthmus glandula thyroidea terletak setinggi annulus trachealis Cervical II – IV, tertutup oleh kulit dan fascia di linea mediana. Lobus pyramidalis merupakan suatu tonjolan memanjang yg timbul dr pinggir atas isthmus glandula thyroidea kearah cranial melewati cartilage thyroidea sampai pada os. Hyoideum dan melekat diantara m. levator glandula thyroidea.


Lapisan Leher dari Luar ke Dalam
 Lapisan Glandula Thyroidea dari Luar kedalam adalah :  Cutis  Sub Cutis  Platysma Myoides  Fascia Coli Superficialis  Fascia Coli Media  Fascia Pretrachealis  Capsula Fibrosa Eksterna 

Capsula Fibrosa Interna Diantara Fascia Pretrachealis dan Capsula Fibrosa Eksterna terdapat Vascularisasi Glandula Thyroidea. Sedangkang Diantara Capsula Fibrosa Eksterna dan Capsula Fibrosa Interna Terdapat Glandula Parathyroidea Glandula Thyroidea ini ikut bergerak pada saat kita menelan atau minum sesuatu karena glandula ini diselubungi oleh fascia pretrachealis.  
Anatomi Glandula Parathyroidea Glandula parathyroidea atau kelenjar paratiroid merupakan 2 ps. Kelenjar endokrin berbentuk bulat/ lonjong, pipih yg terletak di dorsolateral dr glandula thyroidea tepatnya di antara capsula externa dan capsula interna glandula thyroidea. Glandula parathyroidea sendiri terdiri atas sepasang glandula parathyroidea superior san sepasang glandula parathyroidea inferior. Glandula Parathyroidea Superior ini letaknya Lebih Konstans sehingga lebih Mudah Ditemukan pada tengah2 pinggir dorsal Glandula Thyroidea. Sedangkan Glandula Parathyroidea yang inferior letaknya lebih Variabel umumnya terletak di caudal glandula Parathyroidea Superior.

Variasi Letak Glandula Parathyroidea Inferior
 Terletak Diantara capsula fibrosa Eksterna dan Interna dan diatas Arteria Thyroidea Inferior  Terletak Diantara Capsula Fibrosa Eksterna dan Interna tetapi dibawah Arteria Thyroidea Inferior  Terletak diluar Capsula Fibrosa Eksterna di tepi Dorsal Bagian bawah Glandula Thyroidea.  


Vaskularisasi Glandula Thyroidea dan Glandula Parathyroidea
- A. thyroidea superior dextra et sinistra yg memvaskularisasi bagian dr apex glandula thyroidea yg merupakan cabang dr a. carotis externa cabang dr a. carotis communis. Dimana a. carotis communis dextra merupakan cabang dr truncus brachiocephalica (a. anonyma) cabang dr arcus aorta. Sedangkan a. carotis communis sinistra cabang dr arcus aorta.
- A. Thyroidea Inferior yang merupakan cabang dari Truncus Thyreocervicalis yg merupakan cabang dr a. subclavia. Yg mana a. subclavia dextra merupakan cabang dr a. anonyma yg merupakan cabang dr arcus aorta. Sedangkan a. subclavia sinistra merupakan cabang dr arcus aorta.
- A. Thyroidea Ima yang merupakan cabang A. Anonima yg merupakan cabang dr Arcus Aortae.
- V. Thyroidea Superior yang bermuara ke V. Jugularis Interna. Yg mana v. jugularis interna akan bermuara ke v. brachicephalica atau v. anonyma lalu bermuara ke v. cava superior.
- V. Thyroidea Media yang bermuara ke V. Jugularis Interna. Yg mana v. jugularis interna akan bermuara ke v. brachicephalica atau v. anonyma lalu bermuara ke v. cava superior.
- V. Thyroidea Inferior yang bermuara ke V. Branchiocephalica. Dimana v. brachiocephalica akan bermuara ke v. cava superior.


Innervasi Glandula Thyroidea dan Glandula Parathyroidea
 Untuk Innervasi yang Sympatis adalah Ganglion Cervicalis Superior  Untuk yang Parasympatis adalah Rr. Cardiaci dan Rr. Laryngei N. Vagus


Fisiologi Glandula Thyroidea dan Glandula Parathyroidea
 Sel C pd glandula thyroidea mensekresi hormon kalsitonin yg berfungsi utk menurunkan konsentrasi kalsium dalam plasma. Sedangkan sel folikel kelenjar tiroid menghasilkan hormon tetraiodotironin/ tiroksin dan triiodotironin yg berfungsi utk meningkatkan laju metabolisme esensial utk pertumbuhan normal dan perkembangan saraf Sedangkan pada glandula parathyroidea akan dihasilkan hormon paratiroid yg berfungsi meningkatkan konsentrasi kalsium plasma dan utk menurunkan konsentrasi fosfat dlm plasma serta sbg perangsang pengaktivan vitamin D.

Sumber : Situs Colli, Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran UNDIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar