.: medicina-islamica-lg.blogspot.com :.

Assalamualaikum wr.wb. Welcome to my blog. In here there's some article about islam and about medicine. In my blog here, i use indonesian. May my articles can be usefull for a lot of people in the world. If you like my blog, please give follow and comment in my blog too. thanks. (^.^)

Jumat, 14 Oktober 2011

Fakta Fantastis tentang Jantung


Jantung merupakan organ yang vital bagi kehidupan manusia. Dimana jantung ini berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh, berfungsi sbg transport nutrisi dan oksigen ke seluruh sel yang ada di seluruh tubuh.
“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, bila ia baik maka akan sehatlah seluruh tubuh; dan jika ia rusak maka sakitlah seluruh tubuh. Ketahuilah, sesungguhnya itu adalah al-qolbu”(H.R. Bukhari Muslim)
Imam Ghozali dalam kitabnya yang berjudul Ma’arij al-Qudsi fi madariji Ma’rifatin Nafsi, menafsirkan bahwa yang dimaksud al-qolbu (dalam kalimat Ala wahiya al-qolb) pada hadis diatas memiliki dua pengertian :
- Lahiriyah (fisik/riil)
- Bathiniyah (abstrak)
Pengertian pertama :
- Al-qolb ditafsirkan sebagai benda yang berwujud nyata, riil, secara fisik, yaitu segumpal daging yang berbentuk dan berukuran segenggaman tangan manusia yang terletak di rongga dada sebelah kiri.
- Al-qolb merupakan sumber tenaga karena dari sini dipompakan darah yang mengandung oksigen yang akan menghidupi organ-organ lain di seluruh tubuh.
- Al-qolb merupakan sumber kehidupan, dimana organ-organ tubuh yang lain akan dapat bekerja dan hidup dengan baik manakala al-qolb ini bekerja dengan baik.
- Dari pengertian ini, yang dimaksud al-qolb adalah jantung manusia.
Kenapa Imam Ghozali sampai pada kesimpulan bahwa al-qolb itu berarti jantung, bukan hati secara fisik yang lebih kita kenal sebagai liver ???
1. Rasulullah menyabdakan bahwa segumpal daging yang dimaksud dalam hadis dengan menggunakan kata al-qolb, yang memang lazim diartikan sebagai jantung.
Dalam bahasa arab, untuk menunjukkan organ hati atau liver digunakan kata al-kabidu. Dalam hadis ini Rosulullah tidak menggunakan kata al-kabidu yang berarti hati (liver), tetapi menggunakan kata al-qolb.
2. Ketika Rosulullah menyabdakan mudhghah seraya mengepalkan atau menggenggamkan tangannya, yang artinya mudhghah dimaksud berbentuk dan berukuran segenggaman tangan manusia. Ini sesuai dengan bentuk dan ukuran dari jantung manusia.
q Pengertian dan penafsiran al-qolb sebagai jantung, sangatlah relevan dengan kondisi dan perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran saat ini.
q Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital, organ tubuh yang mempengaruhi seluruh organ-organ tubuh lainnya supaya bisa bekerja dengan baik.
q Jika jantung ini sehat maka akan sehatlah seluruh organ-organ yang lain. Demikian sebaliknya, jika jantung ini sakit, maka akan sakitlah seluruh organ tubuh yang lain.
Inilah salah satu makna dari hadis rasulullah Inna fil jasadi mudhghah......
Selain itu, jantung juga merupakan organ yang fantastic. Dalam waktu semenit, jantung dapat memompakan darah sekitar 5,6 liter darah pada pria dan sekitar 4,9 liter darah pada wanita. Dalam sehari, terdapat 1440 menit (60 menit x 24 jam), maka dalam sehari jantung dapat memompakan darah kira2 sebanyak 8.064 liter darah pada pria dan 7.056 liter darah pada wanita. Jumlah ini hampir setara dengan 1 tangki penuh yang ada pada truck tangki yang seringkali kita lihat dijalan2. Lalu berapa banyak darah yang dapat dipompa dalam setahun ???
Bayangkan kembali, jika dalam semenit jantung berdetak sebanyak 60 - 100x/menit, maka dalam sehari jantung akan berdetak sebanyak 1440 – 2400 kali dalam sehari. Lalu berapa kali berdetakkah jantung kita selama setahun ? Jawabannya kira2 berkisar antara 525.600 – 876.000 kali berdetak selama setahun. Lalu apabila kita diberi umur 63 tahun, maka berapa kali kah jantung ini berdetak ???
Subhanallah, Allahu Akbar. . .
Maha Besar Allah yang telah menciptakan jantung dengan sedemikian detail, rumit dan fantastic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar