.: medicina-islamica-lg.blogspot.com :.

Assalamualaikum wr.wb. Welcome to my blog. In here there's some article about islam and about medicine. In my blog here, i use indonesian. May my articles can be usefull for a lot of people in the world. If you like my blog, please give follow and comment in my blog too. thanks. (^.^)

Sabtu, 03 Desember 2011

Lafal Sumpah Dokter





Demi Allah, saya bersumpah bahwa :



Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan

Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga
martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran

Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter

Saya akan menjalankan tugas saya dengan mengutamakan kepentingan masyarakat

 Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui kepada orang lain karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter

Saya tidak akan mempergunakan pengetahuan dokter saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan, sekalipun diancam
Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan

Saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan penderita

Saya akan berikhtiar dengan sungguh - sungguh dupaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan,  kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian, atau kedudukan sosial dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita

Saya akan memberikan kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya

Saya akan memperlakukan teman sejawat saya sebagai mana saya sendiri ingin diperlakukan

Saya akan mentaati dan mengamalkan kode etik kedokteran Indonesia yang berdasarkan Pancasila

Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya.

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar